Cara Benar Membuat Ayam Kentucky Yang Lezat.


Menu makanan ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun dari sekian banyak orang yang pernah menikmatinya kurang mengerti cara membuatnya. Nah, kali ini saya ingin berbagi tips membuat ayam kentucky atau yang biasa kita sebut juga ayam krispy.

Tips kali ini menggunakan tepung bumbu kemasan yang praktis dan mudah dicari di setiap market/swalayan.

Bahan :
1. Daging ayam mentah
2. Tepung bumbu u/ ayam kentucky
3. Air es.

1. Ayam mentah potong dengan ukuran sedang. Kemudian ayam dicuci dengan air bersih tentunya, supaya kotoran/darah yang masih menempel hilang, dan tidak di sarankan merebus ayam sebab adonan tidak akan menempel dengan baik, cukup di cuci sampai bersih saja.

2. Buat 2 adonan (adonan basah dan adonan kering) menggunakan tepung bumbu kemasan yang sudah disediakan. Untuk adonan basahnya ada takarannya.Sebagai contoh:
-> ambil 3 sdm tepung bumbu lalu di beri air es 6 sdm (perbandingan 1:2).
Kenpa pakai air es? Karena supaya tetap awet krispynya kurang lebih sekitar 5 sampai 6 jam msih terasa krispy.

Nah smua bahan sudah siap, tinggal tahap berikutnya. Mungkin kebanyakan orang cara membuatnya hanya melalui dua tahap saja. Yaitu dimasukkan ke adonan basah lalu ke adonan kering dan goreng. Kalau disini saya ingin berbagi tips melalui tiga tahap, yaitu kering-basah-kering dan goreng. Lebih jelasnya...

3. Daging ayam yang sudah dipotong-potong dimasukkan ke adonan kering dahulu, setelah itu masukkan ke adonan basah sampai terlumuri semua bagiannya. Kemudian masukkan ke adonan kering lagi sambil diremas-remas kurang lebih 5 sampai 10 kali.
Kenapa harus diremas-remas? Supaya tepungnya bisa nempel dan bisa kriting-kriting yang nantinya menjadi krispy.

4. Ketuk-ketukkan ayam yang sudah dilumuri tepung sebelum sampai di penggorengan supaya tepung yang nantinya jatuh di dalam minyak tidak terlalu banyak. Karna masak ayam kentucky itu mengotori minyak. Jadi siap-siap minyak goreng yang 1 literan.

5. Masukkan potongan-potongan ayam ke dalam minyak yang sudah dipanaskan. Usahakan potongan daging tercelup ke dalam minyak seluruhnya supaya matang sampai ke dalam.

6. Setelah warnanya sudah kecoklatan, angkat lalu tiriskan.




7. Ayam Kentucky sudah siap untuk di nikmati bersama keluarga dan sahabat tercinta


Post: Rosyida Devie
Ingin tulisanmu terbit di Erafmedia.com?. Hubungi kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel