5 Langkah untuk Membuat Wifi Hotspot di Laptop

Wifi Hotspot di Laptop
 

Siapa sih yang tidak butuh koneksi internet? Sepertinya hampir tidak ada, khususnya seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern. Bagaimana tidak, semua materi pelajaran sekolah dasar sekalipun sudah mulai tersedia dalam jaringan (online) agar dapat diakses dengan mudah. Berbagai koneksi pun digunakan seperti Wifi dan yang lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin membahas 5 Langkah untuk Membuat Wifi Hotspot di Laptop.

Tidak heran jika penggunaan internet di dunia kerja bahkan menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki setiap saat. Penggunaan koneksi internet tidak hanya kamu butuhkan untuk bekerja menggunakan laptop, tetapi juga handphone (HP) dan bahkan juga tablet. Jika kamu sedang berada di hotel yang hanya menyediakan satu konektifitas jaringan melalui kabel LAN, lalu teman sekamarmu juga membutuhkan jaringan internet, apa yang akan kamu lakukan? Menggunakan laptop, kamu bisa mencoba 5 Langkah untuk Membuat Wifi Hotspot di Laptop.

1. Masuk ke dalam menu Command Prompt (Admin)

Apa yang pertama kali harus kamu lakukan? Pengaturan aktivasi fitur WiFi bisa kamu akses pada menu Command Prompt (Admin), artinya menu ini harus kamu atur ketika kamu login menggunakan mode administrator dari laptopmu. Kamu bisa mencari menu pengaturan ini pada menu Start atau akses melalui shortcut dengan menekan tombol Windows+R secara bersamaan, lalu ketik ‘cmd’ dan tekan OK.

2. Buat nama jaringan hotspot WiFi

Apakah kamu familiar dengan jendela baru yang terbuka pada layar? Iya, kamu akan sedikit melakukan ‘coding’ pada laptop kamu. Pada jendela layar yang baru saja terbuka, ketik perintah berikut:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=[networkSSID] key=[password]

Pada saat mengetik, ganti perintah [network SSID] dengan nama jaringan yang hotspot yang ingin kamu buat, lalu ubah juga [password] dengan kata sandi akses. Tekan Enter.

3. Aktifkan jaringan nirkabel Ad Hoc untuk menghubungkan perangkat

Agar kamu bisa menghubungkan laptop kamu dengan perangkat lain, kamu perlu mengaktifkan pengaturan berbagi pakai. Untuk itu, kamu perlu mengaktifkan jaringan nirkabel Ad Hoc dengan mengetik perintah berikut:

netsh wlan start hostednetwork

Lalu tekan tombol Enter, dan konektivitas jaringan nirkabel Ad Hoc kamu sudah aktif. Meski demikian, bukan berarti kamu sudah bisa menggunakan jaringan WiFi dari hotspot laptop ya. Sabar, tinggal beberapa langkah lagi saja.

4. Atur konektivitas jaringan sumber akses internet

Masuk ke dalam halaman navigasi jaringan, kamu bisa langsung mencari menu Network and Sharing Center pada menu Start, atau masuk ke melalui Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Pilih nama jaringan yang kamu gunakan pada laptop (misal: sumber koneksi LAN hotel tempat kamu menginap), klik kanan dan pilih Properties.

Pada tab Sharing, centang kotak dengan pilihan Allow other network users to connect through this computer's internet connection untuk mengaktifkan akses jaringan.

5. Hubungkan perangkat lain melalui hotspot baru dari laptopmu

Sudah selesai?

Ya, artinya laptop kamu sudah menjadi ‘modem WiFi’ untuk bisa diakses oleh perangkat lain, baik laptop, handphone maupun tablet. Koneksi WiFi baru yang kamu buat akan terlihat dengan nama SSID yang diketik pada pengaturan Command Prompt. Untuk memastikannya, kamu bisa mencoba koneksi jaringan baru tersebut lewat handphone kamu. 

Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai 5 Langkah untuk Membuat Wifi Hotspot di Laptop. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel