Tempat Bersejarah di Surabaya yang Harus Anda Kunjungi

Surabaya adalah kota yang menjadi saksi dari perjuangan para pahlawan Indonesia saat melawan tentara Inggris pada 10 November 1945. Jika Anda sedang liburan ke Surabaya, Pastinya Anda wajib mengunjungi tempat bersejarah di Surabaya. Di Surabaya Anda bisa mengenang jasa-jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk Indonesia.

Tugu Pahlawan

Tempat Bersejarah di Surabaya yang Harus Anda Kunjungi

Agar bisa mengenang Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November, maka Surabaya membangun Tugu Pahlawan yang bertepatan di jalan Tembaan, depan kantor gubernur. Tugu Pahlawan ini dibangun agar bisa selalu menghormati para prajurit Surabaya yang tewas saat pertempuran besar di Surabaya.

Tugu Pahlawan dibangun dengan bentuk seperti paku terbalik dan mempunyai ketinggian sekitar 40,45 meter dan diameter 3,10 meter. Bagian bawahnya memiliki diameter 1,30 meter dan lengkap dihiasi dengan ukuran “Trisula” bergambar, “Cakra”, dan “Padma” yang merupakan simbol dari api perjuangan.

Jembatan Merah

Tempat Bersejarah di Surabaya yang Harus Anda Kunjungi

Pada dahulu kala, Jembatan Merah merupakan tempat para pedagang dari berbagai negara, baik itu Eropa, China, atau Arab yang melakukan transaksi jual-beli. Dan dipergunakan sebagai jalur transportasi VOC atau Vereenigde Oostindische Compagnie. Jembatan Merah juga menjadi saksi atas pertempuran antara pemuda Surabaya dengan pasukan Brigjen Mallaby yang diakhiri dengan kematian Brigjen Mallaby.

Pada awalnya, jembatan tersebut menggunakan pagar kayu yang berfungsi sebagai pembatas, namun sekarang sudah menggunakan pagar besi. Warna merah pada pagar pembatas ini tetap digunakan agar bisa mengenang pertumpahan darah yang telah terjadi.

Monumen Jenderal Soedirman

Tempat Bersejarah di Surabaya yang Harus Anda Kunjungi

Monumen Jenderal Soedirman yang bertepatan di Yos Sudarso berdiri sejak 10 November 1970 oleh Presiden Soeharto agar bisa memperingati Hari Pahlawan. Monumen tersebut menampilkan sebuah patung Jenderal Soedirman dengan seragam PETA, sepatu boot, dan sebilah pedang yang ada di pinggang sebelah kiri. Di bawah patung ini terdapat sebuah kubus dan di sisi - sisinya yang terpampang kata-kata dari Jenderal Soedirman yang selalu dilontarkan selama revolusi fisik berlangsung.

Perlu Anda ketahui, jasa Soedirman yang sangat besar terhadap Indonesia adalah beliau berhasil dalam memukul mundur tentara Inggris ke kota Semarang. Peristiwa ini disebut juga dengan Palagan Ambarawa dan berlangsung dari 12 hingga 15 Desember 1945. Soedirman kemudian diangkat menjadi Panglima Besar TKR atau Tentara Keamanan Rakyat.

Monumen Kapal Selam

Tempat Bersejarah di Surabaya yang Harus Anda Kunjungi

Monumen Kapal Selam yang dibangun pada sisi Sungai Kalimas merupakan monumen kapal terbesar yang ada di Asia. Monumen Kapal Selam ini dibangun karena ide para sesepuh Kapal Selam dari Angkatan Laut. Tujuan dibangunnya Monumen Kapal Selam ini yaitu ingin menciptakan kawasan wisata di Jawa Timur, supaya mencerminkan Indonesia sebagai negara maritim, dan sebagai kenangan untuk para pejuang yang telah berjuang membela Tanah Air. Di dalamnya ada kapal selam, tank, pesawat tempur, dan masih banyak lagi. Kapal selam yang dipajang adalah Kapal Selam Angkatan Laut Armada RI bagian timur, KRI Pasopati 410.

Museum Mpu Tantular

Tempat Bersejarah di Surabaya yang Harus Anda Kunjungi

Di dalam Museum Mpu Tantular ada berbagai barang peninggalan sejarah, terutama dari zaman kerajaan. Terdapat kurang lebih 1.500 koleksi barang antik dari Kerajaan Hindu, Islam, dan Buddha yang ada di museum ini. Agar bisa masuk ke sana, Anda hanya perlu membayar tiket Rp 4 ribu untuk dewasa dan Rp 3 ribu untuk anak-anak.

Gedung Negara Grahadi

Tempat Bersejarah di Surabaya yang Harus Anda Kunjungi

Gedung Negara Grahadi yang ada di jalan Gubernur Suryo dibangun pada tahun 1975. Mulanya gedung yang satu ini menghadap ke arah sebelah utara, tepatnya pada Sungai Kalimas. Sehingga, saat sore hari, penghuninya dapat minum teh sambil melihat perahu yang menyusuri Sungai Kalimas. Tetapi, pada tahun 1802, letak gedung diubah jadi menghadap selatan hingga sekarang dan difungsikan sebagai rumah dinas Gubernur Jawa Timur.

Nah, itulah tempat bersejarah di Surabaya yang tentunya harus Anda kunjungi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel